Menjelang Penuntasan

Buat yang belum tau, saat ini gue di hari-hari terakhir penghabisan kuliah. Setelah itu -semoga- bisa sah menyandang gelar Master of Something Something.

Tadinya gue sangka menyandang gelar seperti itu akan terdengar ciamik dan asik. Tapi setelah melewati proses ini, akhirnya yang ada di kepala bukan gelar lagi (meskipun masih ada pemikiran bahwa gelar itu asik). Proses pencapaian itu -ternyata- lebih penting. Dan ini bukan cuma sok jadi motivator “proses lebih penting dari hasil akhir.” Ini sungguh dari kata hati terdalam.

Khususnya 6 bulan terakhir: Di Januari, untuk keperluan tesis, gue memutuskan untuk mengambil sebuah penelitian yang nggak umum dilakukan oleh peserta pascasarjana kelas eksekutif – karena umumnya jamaah kelas ini nyambi kerja di pagi harinya, seperti gue. Penelitannya berada di lapangan selama 1,5 bulan, yang berarti gue harus keluar dari kerjaan.

Dan keluarlah gue dari kantor. Satu bulan terlewati di sebuah kota yang gue hampir nggak pernah kunjungi, kecuali waktu masih kecil saat transit en route mudik ke kampung halaman ortu. Kota yang asing, tidak ada satupun yang familiar kecuali satu-dua teman. But I thought it would be fun.

And it was. Pengalamannya luar biasa, sampai gue akhirnya bisa mendapat bahan tesis banyaaak sekali, sampai gue bisa ngetik jauh lebih banyak dari dugaan gue… dan itu masih ada bagian-bagian yang -sayangnya- harus gue buang, selain karena nggak terlalu relevan, juga karena jadi kepanjangan (cape bo!).

Cerita mendetil akan datang pada waktunya. Kali ini cuma catatan sementara, sebagai pengingat bahwa “Good glad it’s almost over, but overall I enjoyed the process.” Oya, buat yang iseng, bisa mengintip abstrak tesis gue yang udah gue uplot di Scribd. Hanya bila elo super, super, super iseng…

Iklan
Explore posts in the same categories: Komunikasi Publik

2 Komentar pada “Menjelang Penuntasan”


  1. ealah, masih sempet nge blog si kangmas Acay 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: